Parade Juang Surabaya, Cak Ji : Terapkan Semangat Kepahlawanan di Era Kekinian

Parade Juang Surabaya, Cak Ji : Terapkan Semangat Kepahlawanan di Era Kekinian

Surabaya, respublikanews – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Parade Surabaya Juang 2023 di Jalan Pahlawan, Ahad, menjelang peringatan Hari Pahlawan, pada 10 November.

Parade Juang 2023 dibuka dengan gema sirene yang dilanjutkan dengan pembacaan narasi jalannya cerita pertempuran bersejarah itu.

Puluhan pemeran pejuang kemerdekaan yang mengenakan kaos putih maju menyerbu tentara sekutu. Mereka semuanya lengkap membawa replika senapan.

Pekikan takbir “Allahuakbar” terus berkumandang, narasi-narasi perjuangan dibacakan oleh narator dari salah satu sudut panggung. Kalimat “Merdeka” diteriakkan berkali-kali dan disambut oleh seluruh masyarakat yang menyaksikan teatrikal Parade Surabaya Juang 2023.

Sejumlah pejuang kemerdekaan tumbang, terkena tembakan peluru tentara sekutu. Lantunan lagu “Gugur Bunga” pun berkumandang.

Wakil Walikota Surabaya, Armuji menyampaikan melalui rangkaian peringatan Hari Pahlawan segenap warga kota surabaya dapat memaknai semangat pahlawan untuk dipraktikan dalam kehidupan sehari – hari dimasa kini.

” Semangat kebersamaan, semangat saling membantu satu sama lain dan mengedepankan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi maupun golongan,” tegas Cak Ji di Surabaya, Senin (06/11/2023).

Dirinya menyampaikan, tantangan Pembangunan di Kota Pahlawan menjadi tanggung jawab bersama , sehingga dengan Gotong – Royong dan Kebersamaan menjadi kunci untuk dapat membawa kota Surabaya menjadi kota yang maju dan sejahtera.

“Kesadaran menjadi tonggak, warga masyarakat berpartisipasi langsung terwujudnya surabaya menjadi kota kelas dunia yang berpijak pada kearifan lokal dan humanis,” pungkas Cak Ji. (trs)