Keren, Rumah Pompa Air PDAM Wonokitri Jadi Destinasi Wisata

Keren, Rumah Pompa Air PDAM Wonokitri Jadi Destinasi Wisata

Surabaya, newrespublika – Satu lagi inovasi yang digagas oleh PDAM Surya Sembada dalam rangka melesat jauh kinerja perusahaan air BUMD Pemkot Surabaya ini, yakni kini Rumah Pompa Air di Wonokitri akan dijadikan destinasi wisata edukasi.

Disela open house pameran foto lawas di rumah pompa atau tandon Wonokitri di jalan Pakis Tirtosari No 84 digelar oleh PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Rabu (06/12/2023) Arief Wisnu Cahyono, Dirut PDAM Surya Sembada Kota Surabaya mengatakan, open house baru pertama kali diadakan namun belum pernah dibuka untuk umum.

Ia menambahkan, Rumah Pompa Tandon Wonokitri ini memang peninggalan Belanda.

“Ke depan kita akan pertimbangkan sebagai salah satu destinasi wisata untuk spot foto dan lainnya,” ujar Arief Wisnu Cahyono di Wonokitri, Rabu (06/12/2023).

Yang tidak kalah pentingnya, kata Wisnu, pihaknya memperkenalkan sebuah kesuksesan karya internal PDAM kepada para karyawan.

“Bahwa hari ini hasil sebuah kerja keras generasi kita (PDAM) di zaman dahulu termasuk pendiri PDAM orang orang Belanda,” terang Wisnu.

Meski demikian, dirinya menambahkan hal itu patut menengok untuk meneladani masa lalu kerja keras PDAM yang sudah berdiri 100 tahun lebih.
“Secara administratif 24 November itukan ulang tahun PDAM ke 76 tapi secara historinya sudah lebih 100 tahun,” ungkap Wisnu.

Ditempat yang sama Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya, Luthfiyah mengatakan, destinasi wisata rumah pompa air PDAM di Wonokitri itu ide bagus dan sangat inovatif.

“ Terpenting harus ada guide nya, jadi saat wisatawan berkunjung ke rumah pompa bisa diterangkan secara detail historis rumah pompa air milik PDAM Surya Sembada Kota Surabaya ini,” pungkas Luthfiyah. (trs)