Peringatan HUT RI Ke – 79 Tahun,Cak Ji: Bhinneka Tunggal ika Modal Perjuangkan Kesejahteraan Rakyat

Peringatan HUT RI Ke – 79 Tahun,Cak Ji: Bhinneka Tunggal ika Modal Perjuangkan Kesejahteraan Rakyat

Surabaya, newrespublika – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Balai Kota, Sabtu (17/8/2024). Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memimpin jalannya upacara dengan mengenakan pakaian adat Palembang Pak Sangko.

Sejak pagi, para tamu berdatangan sembari mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya, jajaran Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemkot Surabaya, veteran hingga pekerja sosial masyarakat.

Peserta upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI terdiri dari berbagai unsur OPD dan Forkopimda seperti Bangkesbangpol  Surabaya, Taruna Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara, Polri, Satpol PP , Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, BPBD, Badan Kepegawaian Daerah dan Pramuka.

Wakil Walikota Surabaya Armuji yang pada resepsi peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 79 Tahun itu mengenakan pakaian adat dari Sumenep yang disebut Paes Lilin yang didominasi warna hitam emas.

“ Dalam peringatan kemerdekaan ke 79 Tahun ini semangatnya adalah menggelorakan Bhinnneka Tunggal Ika untuk berjuang mensejahterakan rakyat”, kata Armuji

Dirinya mengungkapkan bahwa tanpa kebersamaan dan Gotong Royong sulit bisa mencapai tujuan bersama . Dalam konteks kekinian Pembangunan dan tantangan kemajuan harus diarungi dengan pengetahuan , semangat untuk maju dan kesadaran dalam keberagaman.

” Untuk Arek- Arek Suroboyo kita jaga semangat kebersamaan dan egaliter tetap menjadi karakter Arek Suroboyo sebagai modal utama membangun kota Tercinta,” tegas Cak Ji. (trs)