Surabaya, Respublika – Sebanyak 44 Sentra Wisata Kuliner yang tersebar di Seluruh Kota Surabaya dibawah pengelolaan Dinas Koperasi, Perdagangan dan Usaha Mikro berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Kota pahlawan.
Untuk itu Wakil Walikota Surabaya, Armuji mendorong agar dapat dilakukan langkah efektif untuk melakukan revitalisasi Sentra Wisata Kuliner agar bisa menjadi pusat jujukan masyarakat surabaya.
Cak ji sapaan akrab Armuji beranggapan bahwa setiap SWK didorong untuk menonjolkan ciri khasnya. Ia mencontohkan di SWK taman bungkul dengan keunikan menu rawonnya.
” Apabila perlu juga pada setiap momen disajikan pertunjukan seni dan budaya dan memanfaatkan ruang – ruang sebagai sarana pertemuan warga atau kegiatan lainnya,” ujar Armuji di Surabaya, Sabtu (13/08/22).
Ia menginginkann agar setiap SWK memiliki Brand – nya tersendiri. Selain itu Dinkopdagum diminta lebih progresif dalam melakukan fasilitasi membangun jaringan perdagangan anatara penjual , pelanggan dan distributor.
” Kalau ingin maju ya kita harus menyesuaikan kebutuhan zaman , tempat di SWK juga cukup representatif . Anak – anak muda bisa menggunakannya untuk sarana kreasi dan tempat bekerja , tinggal kita menyediakan apa kebutuhannya,” ungkap Cak Ji, yang juga politisi senior PDI Perjuangan tersebut.
Konsep Sentra Wista Kuliner yang perlu di lakukan pembaharuan terkait dengan penataan penjual dimana seragam . Cak Ji mencontohkan apabila penjual soto maka ciri khas Tenant harus terdapa gerobak soto, begitu pula apabila ada penjual sate juga harus khas sehingga terdapat unsur atraktifnya.
” Bisa dilihat SWK yang ramai , itu bisa dijadikan contoh untuk di replikasi ke SWK yang sepi . Apa – apa yang kurang bisa diinventarisir,” pungkasnya. (trs)