Gandeng Kojardo Suroboyo, Sukadar Peringati Haul Mbah Kapiludin

Gandeng Kojardo Suroboyo, Sukadar Peringati Haul Mbah Kapiludin

Surabaya, Respublika – Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya dari PDI Perjuangan, Sukadar menghadiri haul pertama Mbah Kapiludin di kawasan Dolly Surabaya dengan menggandeng Komunitas Arek Jarak Dolly (Kojardo).

Dalam haul tersebut, Sukadar membagikan ratusan paket sembako ke masyarakat dan jamaah yang hadir.

“ Kegiatan haul Mbah Kapiludin yang diinisiasi oleh Kojardo untuk merespon Walikota Eri Cahyadi, yang akan memugar makam Mbah Kapiludin di Dolly,” ujar Sukadar kepada wartawan usai Haul Mbah Kapiludin di Dolly, Sabtu malam (29/03/2023).

Ia menjelaskan, Komisi C berharap Walikota Eri Cahyadi segera mengusulkan rencana pemugaran makam Mbah Kapiludin, agar Komisi C secepatnya menganggarkan rencana tersebut.

“ Menganggarkan apa saja yang dibutuhkan untuk pemugaran makam Mbah Kapiludin,” jelas Cak Yo sapaan Sukadar.

Dirinya menerangkan, terkait akses jalan ke makam Mbah Kapiludin, Pemkot Surabaya sudah membebaskan beberapa rumah warga.

“ Ini dilakukan agar akses dari Jarak ke makam Mbah Kapiludin supaya clear dulu,” terangnya.

Setelah itu clear dan beberapa persil dibeli Pemkot Surabaya, kata Sukadar, secara otomatis akses menuju ke makam Mbah Kapiludin lebih mudah dan pemugaran makam bisa berjalan lancar.

Kedua, terang Sukadar, dengan direvitalisasi nya makam Mbah Kapiludin di Dolly dan menjadi destinasi wisata religi, tentu akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi warga sekitar.

“ Akan ada perkembangan ekonomi kreatif di kawasan Dolly karena banyak wisatawan berziarah ke makam Mbah Kapiludin,” tutur Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kita Surabaya ini.

Misalnya, tambah Sukadar, warga sekitar makam bisa mendirikan usahanya seperti warung, tokok cinderamata, jadi ada rezeki yang dirasakan oleh warga setempat.

“ Jadi ada geliat ekonomi yang berjalan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat disekitar Dolly,” tegas Sukadar.

Yang pasti, kembali kata Sukadar, Komisi C siap merealisasikan program Walikota Eri Cahyadi untuk memugar makam Mbah Kapiludin dan mewujudkannya sebagai destinasi wisata religi Dolly.

“ Kami di dewan 100 persen siap mendukung program Walikota Eri Cahyadi yang akan memugar makam Mbah Kapiludin,” pungkasnya. (trs)