Surabaya, newrespublika – Anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya dari Fraksi Gerindra, Bachtiar Rifai menegaskan, layanan masyarakat harus selesai di tingkat RW.
Terlebih, kata Bachtiar Rifai, Walikota Eri Cahyadi selalu menandatangani berita acara kepada jajarannya di lingkungan Pemkot Surabaya saat meresmikan balai RW di kampung-kampung, untuk meningkatkan pelayanan terbaik bagi warganya.
“ Jadi kami berharap layanan warga selesai di tingkat RW,” ujar Bachtiar Rifai di Surabaya, Rabu (30/08/2023).
Ia menjelaskan, RT dan RW merupakan komando lurus dari eksekutif seperti Walikota, Camat dan Lurah.
Apalagi, jelas Bachtiar, Pemkot Surabaya sudah melakukan renovasi kurang lebih 1.200 balai RW guna meningkatkan pelayanan warga.
“ Jangan sampai pelayanan masyarakat menumpuk di Kelurahan atau di dinas-dinas terkait, cukup di RW,” tegas politisi milenial Partai Gerindra Kota Surabaya ini.
Lebih lanjut Bachtiar mengatakan, Surabaya sudah masuk kinerja berbasis digitalisasi yang bisa masuk ke semua lini dan semua sektor.
Bahkan, tutur Bachtiar, di level RW pun sudah berbasis digitalisasi dimana pengurus RT dan RW nya juga sudah di training oleh Pemkot Surabaya, bagaimana melayani masyarakat cukup di tingkat RW.
“ Contohnya pelayanan administrasi kependudukan, ini harus clear di level RW,” pungkasnya.
Sebelumnya di Balaikota Surabaya, (25/09/2023) Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkomitmen untuk menuntaskan banjir dan meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi warganya.
Oleh karena itu, ia bersama jajarannya di Pemerintah Kota (Pemkot) menandatangani berita acara setiap kali meresmikan Balai RW di perkampungan Kota Surabaya. (trs)