Surabaya, Respublika – Walikota Surabaya Eri Cahyadi dalam event ‘Karnaval Nang Tunjungan’ akhir pekan lalu (30/10/22) menyatakan, Surabaya akan mengembangkan pasar ekspor batik ke mancanegara.
Menanggapi hal ini, anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, Akhmad Suyanto mengatakan, peluang potensi pasar ekspor batik Surabaya terbuka lebar.
“Terutama negara yang memiliki kerjasama atau Sister City dengan Surabaya seperti, Korea Selatan, Jepang, China, Turki, Hongkong,” ujarnya di Surabaya, Senin (31/10/22).
Ia menjelaskan, Indonesia yang merupakan amazing market atau pasar berkembang bagi negara di dunia, Kota Surabaya menjadi kota yang memiliki potensi pasar ekspor dari hasil produknya.
“Ya seperti produk batik ini, peluang market ekspor nya terbilang sangat terbuka, utamanya negara yang sudah terjalin sister city dengan Surabaya,” tegas politisi senior PKS Surabaya ini.
Akhmad Suyanto menyarankan, sebelum melakukan ekspor batik, sebaiknya harus dilihat dulu kebutuhan pasar luar negeri seperti, corak batik, design, untuk kebutuhan konsumen luar negeri.
“Tentu simbol Surabaya menjadi ciri khas batik yang akan di ekspor, sehingga eksistensi Surabaya di negara-negara yang sudah terjalin sister city tetap ada,” tutur Akhmad Suyanto.
Dirinya menerangkan, batik itu merupakan tradisi kekayaan nusantara dimana harus diuji secara kualitas seiring dengan waktu. Contohnya, ada batik tulis dengan bahan dasar kain katun biasa (low), ada kain yang kelas menengah (middle), dan kelas atas (high class).
Nah ketiga level batik ini, tambah Akhmad Suyanto, kalau mau bidik pasar batik di segmen low tentu pasarnya berbeda. Dan kalau mau bersaing di segmen fashion tentu bahan kain batiknya juga berbeda.
Nah dari ketiga segmen pasar batik yang saya sebut diatas tadi, kata Akhmad Suyanto, sebelum melakukan ekspor, kualitas batik harus diutamakan karena konsumennya orang luar negeri.
“Tapi secara amazing market, Surabaya memiliki potensi pasar ekspor cukup besar,” pungkasnya. (trs)