Libur Nataru, IOH Tingkatan Kapasitas Jaringan di 77 Titik di Jatim

Libur Nataru, IOH Tingkatan Kapasitas Jaringan di 77 Titik di Jatim

Jakarta, newrespublika – Mengantisipasi lonjakan kebutuhan jaringan telekomunikasi digital pada sejumlah titik di Jawa Timur pada masa libur perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menyiapkan peningkatan kapasitas jaringan di 77 point of interest (POI).

SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang mengatakan, sejumlah POI tersebut merupakan titik-titik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat di masa libur perayaan Nataru.

“ Dari mulai bandara, terminal bus, stasiun kereta api, jalan tol, destinasi wisata, pusat perbelanjaan, hingga sarana beribadah.” Ujarnya dalam siaran pers IOH, Senin (25/12/2023).

Secara khusus, terang Steve, penguatan jaringan dilakukan dengan menambahkan kapasitas pada 580 BTS eksisting dan menyiagakan deployment 4 unit mobile based transmission station (MBTS) di wisata Ijen Banyuwangi, Trawas, Wonosalam, serta Magetan.

“ Hal ini sebagai bentuk komitmen Indosat untuk memastikan pelanggan tetap terhubung secara nyaman selama masa libur Nataru.” urai Steve.

Steve Saerang menjelaskan, kami terus berfokus melakukan peningkatan kapasitas jaringan khususnya dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru ini. Kami berkomitmen memberikan layanan kelas dunia bagi pelanggan, sehingga mereka bisa berlibur dengan bahagia dan nyaman.

“ Di wilayah Jawa Timur sendiri kami memperkiran kenaikan trafik terutama terjadi di daerah Lamongan, Mojokerto, Jombang, dengan prediksi lonjakan traffic sekitar 20%.” terang Steve.

Dirinya menambahkan, selain penguatan jaringan, kami juga mengaktifkan Command Center selama 24 jam yang terletak di Surabaya, didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomasi.

Teknologi ini, terang Steve, digunakan untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala di masa liburan Nataru. Beberapa dashboard khusus juga digunakan seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard.

Selain memastikan kualitas layanan dan jaringan terbaik, komitmen Indosat menghadirkan kehangatan dan kebahagiaan bagi masyarakat juga akan dirasakan oleh lebih dari 5600 anak yatim di seluruh Indonesia.

Kesempatan penuh kasih untuk berbagi tahun ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) di pilar Filantropi.

“ Mengusung tema ‘Indosat Berbagi Kebaikan’, menjadi penutup rangkaian bulan berbagi Indosat sepanjang Desember 2023.” tutup Steve. (trs)