Surabaya, respublikanews – Politisi milenia Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya, Afian Limardi menilai, produk UMKM Surabaya memiliki peluang pasar tidak hanya dalam negeri tapi bisa go internasional.
Peluang itu ada, kata Alfian, karena dengan kemajuan teknologi informasi sudah tidak ada lagi batas antar negara, tipis batasnya.
“ Ini yang menjadi peluang produk UMKM kita untuk memperluas pasar internasional,” ujar Alfian Limardi kepada wartawan di Surabaya, Kamis (07/09/2023).
Ia menjelaskan, produk UMKM Surabaya tidak kalah dengan produk yang sudah terkenal atau branded, baik dari kualitas, desain, dan kualitas bahannya.
Misalnya, kata bro Alfian, produk fashion seperti kaos, dirinya pernah membeli kaos asli buatan UMKM Surabaya di pameran Surabaya Great Sale di Grand City beberapa waktu lalu.
“ Produk kaosnya cukup bagus, baik desainnya, kualitas bahannya tidak kalah dengan produk brand lainnya,” tutur Alfian.
Untuk itu, jelas Alfian Limardi, agar produk UMKM bisa go internasional strategi marketing sangat diperlukan, baik melalui market place.
“ Baik itu di tokopedia, Shopee bahkan market place internasional seperti Amazone, Alibaba. Terpenting, market place yang berkaitan dengan UMKM,” tuturnya.
Alfian Limardi kembali mengatakan, Pemkot Surabaya perlu membantu pendampingan kepada UMKM untuk menggapai pasar internasional.
Pasalnya, kata Alfian, setiap negara tentu berbeda regulasi dan kebijakannya.
“Namun Surabaya punya sister city, ini bisa membantu memasarkan produk UMKM Surabaya di pasar internasional,” pungkasnya. (trs)