Semester I-2023, Transaksi AstraPay Tembus Rp51,8 Triliun

Semester I-2023, Transaksi AstraPay Tembus Rp51,8 Triliun

Bali, Respublika – AstraPay yang merupakan platform e-money dan digital payment bagian dari Grup Astra, membukukan pertumbuhan kinerja positif sejak beroperasi di Februari 2020 hingga pertengahan tahun 2023.

AstraPay berhasil mencatatkan pertumbuhan nilai gross transaction value (GTV) sampai dengan Juni 2023 sebesar Rp51.8 triliun, naik 4 kali lipat dibanding pencapaian di Juni 2022.

Selain itu, pertumbuhan juga dapat dilihat dari jumlah pengguna yang telah terdaftar di aplikasi AstraPay, yaitu telah mencapai lebih dari 10 juta pengguna pada Juni 2023, bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022 pertumbuhan ini meningkat 2 kali lipat.

Chief Executive Officer (CEO) AstraPay, Rina Apriana mengatakan, pertumbuhan kinerja ini didukung dengan perubahan perilaku konsumen dalam bertransaksi.

“ Inklusi pembayaran digital yang meningkat di masyarakat Indonesia mendorong pertumbuhan nilai GTV AstraPay yang meningkat secara signifikan,” ujarnya dalam siaran pers AstraPay, Kamis (20/07/2023).

Rina menambahkan, hal ini juga menjadi motivasi perusahaan untuk kembali berpartisipasi sebagai sponsor utama di Sanur Village Festival 2023, sehingga diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat Bali dengan memberikan pengalaman bertransaksi digital yang mudah, nyaman dan tentunya memberikan banyak keuntungan sepanjang acara.

“ Acara besar seperti ini merupakan salah satu media promosi yang sangat bermanfaat bagi AstraPay untuk mengedukasi masyarakat mengenai kenyamanan bertransaksi secara digital,” kata Rina Apriana.
Selanjutnya, kata Rina, event ini juga bermanfaat bagi para UMKM yang berpartisipasi di acara ini.

“Harapannya, para UMKM dapat memanfaatkan pembayaran secara digital ini, sehingga dapat bertransaksi tanpa memikirkan masalah uang kembalian ataupun uang hilang, serta seluruh transaksi dapat tercatat dengan rapih dan lengkap. Uang hasil penjualan akan masuk langsung ke rekening penjual.” Ungkap Rina.

Sementara itu Chief Marketing Officer (CMO) AstraPay, Reny Futsy Yama menerangkan, jumlah target transaksi menggunakan AstraPay pada acara kali ini yaitu 50.000 transaksi yang akan dating dari pembelian makanan, minuman dan tiket masuk.

Dari event ini, AstraPay juga turut mengedukasi para UMKM untuk menggiatkan transaksi digital agar para pengusaha dapat mempunyai catatan transaksi keuangan yang valid sehingga dapat digunakan sebagai dokumen pendukung yang akan mempermudah pembisnis mendapatkan permodalan dari institusi keuangan.

“Kemudahan transaksi menjadi satu hal penting dalam sebuah event. AstraPay sebagai sponsor utama memberikan berbagai promo mulai dari pembelian tiket offline dengan potongan Rp 5 ribu,” kata Reny.

Promo menarik lainnya adalah voucher cashback sebesar total Rp 250 ribu untuk setiap user yang melakukan top up saldo AstraPay minimal sebesar Rp 100.000, juga terdapat cashback sebesar 20% untuk seluruh transaksi menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di AstraPay Sanur Village Festival 2023. (trs)